Home » Iklan » Jasa

Jasa Akuntan keuangan dan auditor kompeten sektor UKM / ritel / toko di BALI

Pembukuan sederhana usaha bisa diawali dari pencatatan arus kas. Karena dalam operasinya, keuangan usaha kecil dan rumahan umumnya masih terfokus pada aliran uang tunai. Namun perlu diingat bahwa pembukuan sederhana ini hanyalah bagian kecil dari praktek akuntansi yang sebenarnya, yaitu pencatatan aliran uang kas.

Tapi karena usaha kecil dan rumahan umumnya masih terfokus pada transaksi tunai (cash/bank transfer), maka pembukuan usaha bisa dimulai dari sini dulu. Perlengkapan yang dibutuhkan untuk pembukuan sederhana ini adalah kalkulator, buku kas, satu boks amplop, dan tentunya alat tulis untuk mencatat.

Seluruh perelengkapan ini bisa didapatkan di toko ATK terdekat dan sebelum memulai pencatatan, kita perlu membuat pos-pos keuangan. Pos keuangan pada dasarnya adalah kategori pencatatan di mana setiap kategori akan mendapat buku kas dan amplopnya masing-masing. Untuk memudahkan, saya membagi pos keuangan menjadi tiga bagian.

Pos Kasir adalah pos keuangan utama di mana seluruh uang terpusat. Kalau diibaratkan pangkalan taksi, maka Pos Kasir adalah poolnya.Pos Kasir juga merupakan pos yang mendistribusikan uang ke Pos Belanja.

Pos Penjualan adalah pos yang mencatat seluruh penjualan produk yang kita punya. Uang hasil penjualan dikumpulkan dahulu di pos ini sebelum kemudian disetor ke Pos Kasir.
Pos Belanja adalah pos yang berhubungan dengan pengeluaran usaha. Baik itu untuk belanja bahan baku, operasional, maupun gaji karyawan.

Awal pencatatan dimulai dari Pos Kasir dan saldo berasal dari modal yang disetor oleh pemilik usaha ataupun yang berasal dari saldo bulan sebelumnya (dicatat sebagai uang masuk). Tapi ini bukan masalah besar. Kita bisa menggantinya dengan istilah yang lebih mudah dimengerti. Misalnya menjadi \"Uang Masuk\" dan \"Uang Keluar\".

Di Pos Kasir inilah kita bisa melihat posisi saldo usaha. Yaitu selisih antara uang yang disetor oleh Pos Penjualan dan uang yang dikeluarkan untuk Pos Belanja. Dan di akhir bulan, kita bisa menyimpulkan apakah usaha di bulan ini untung atau merugi

Akuntan Nelson group sebagai pusat akuntansi keuangan-taxation-auditing independen yang Tajam dan terpercaya di BALI Denpasar, akan senantiasa membantu para pengusaha UKM atau toko atau kios pedagang yang mengalami kendala pada pembukuan akuntansi ataupun pelaporan perpajakan (bulanan / tahunan)

Untuk informasi dan konsultasi, silakan hubungi atau kunjungi kami :
Akuntan Nelson Group
0818-0828-9010
LOBI COZY STAY APARTMENT
Jalan Gunung Soputan 88 denpasar BALI
Senin-Jumat jam 09-19
Bapak Nelson SE, CA

Lainnya


PERHATIAN !!
Seluruh konten dalam situs ini merupakan kontribusi para pemasang. Pengunjung diharap lebih berhati-hati terhadap setiap informasi menyesatkan dan mengandung unsur penipuan. Pengelola tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang mungkin terjadi.