Home » Iklan » Lain-Lain

Azolla bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak, khususnya itik, ayam, kambing maupun sapi

by

Tanaman paku air atau bahasa Latin Azolla microphylla mungkin belum terlalu akrab di telinga masyarakat awam. Tetapi ternyata tanaman yang merupakan genus suku Azollaceae ini memiliki cukup banyak manfaat, terutama di sektor peternakan dan pertanian untuk pakan ikan dan unggas serta pupuk.

Banyak pebudidaya ikan menggunakan tanaman ini sebagai pakan karena mengandung protein yang tinggi. Karena itu, tanaman paku ini juga juga ada pasarnya atau laku dijual.

Azolla bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak, khususnya itik, ayam, kambing maupun sapi. Sebagai pakan ternak, kandungan gizi azolla cukup tinggi. Yitu bahwa kandungan protein kasarnya berkisar antara 23-28%. %. Bila digunakan untuk pakan itik, penggunaan azolla segar yang masih muda (umur 2-3 minggu) perlu dicampur dengan bahan pakan yang lain. Berdasarkan hasil penelitian, campuran azolla 15% ke dalam ransum ini bisa menekan biaya pakan. Tentu saja hal ini cukup menguntungkan peternak karena bisa mengurangi biaya pembelian pakan.

Azolla dapat dimanfaatkan dalam bentuk segar, kering maupun difermentasi. Penggunaan azolla ini dapat mesubsitusi hijauan untuk sapi dan dedak padi untuk babi. Kambing dan sapi menyukai azolla yang masih segar, jika digunakan campuran dalam bentuk kering maka biasanya sebagai bahan pakan sumber protein. Percobaan untuk sapi perah, penggunaan azolla 1.5-2 kg/hari dapat meningkatkan produksi susu sebesar 15%

perkilo harga Rp.25.000


PERHATIAN !!
Seluruh konten dalam situs ini merupakan kontribusi para pemasang. Pengunjung diharap lebih berhati-hati terhadap setiap informasi menyesatkan dan mengandung unsur penipuan. Pengelola tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang mungkin terjadi.