» »

Auditor forensik dan Konsultan pajak Kompeten berpengalaman di Yogyakarta & BALI

| by
Auditor forensik dan Konsultan pajak Kompeten berpengalaman di Yogyakarta & BALI

Proses akutansi dimaksudkan untuk menghasilkan informasi bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Perusahaan harus mengidentifikasikan pihak-pihak yang berkepentingan, kemudian perusahaan harus mengetahui kebutuhan informasi mereka dan rancangan sistem akuntansinya guna pemenuhan kebutuhan informasi tersebut. Akhirnya sistem akutansi mencatat data ekonomi mengenai kegiatan perusahaan dan hal-hal yang terjadi pada perusahaan, yang hasilnya dilaporkan kepada pihak-pihak yang berkepentingan sesuai kebutuhan informasi mereka.

Akuntansi pada hakikatnya merupakan suatu proses yang dapat menghasilkan informasi yang digunakan manajer untuk menjalankan operasi perusahaan. Melalui akuntansi pulalah informasi perusahaan dapat dikomunikasikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Misalnya laporan akutansi yang mengiktisarkan profitabilitas produk baru sehingga dapat membantu manajemen untuk memutuskan apakah akan melanjutkan penawaran produk tersebut ke pasar.

Demikian pula, para analisis keuangan menggunakan laporan akuntansi untuk memutuskan apakah akan merekomendasikan penawaran investasi perusahaan tersebut. Begitu juga bank menggunakan laporan akuntansi dalam memutuskan jumlah kredit yang akan dicairkan kepada perusahaan. Bagi pemasok laporan akuntansi digunakan untuk memutuskan apakah akan memenuhi kebutuhan bahan baku atau barang jadi kepada perusahaan.

Menurut Soemarso (2004:3) menyatakan akuntansi adalah proses mengidentifikasi, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi, untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut. Sedangkan menurut Warren dkk (2005:10) menjelaskan bahwa, secara umum akuntansi adalah sebagai sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai ekonomi dan kondisi perusahaan.

Hal yang sama disampaikan Honggren dkk (2004:3) yang menyatakan bahwa akuntansi adalah suatu sistem yang mengukur aktivitas-aktivitas bisnis, memproses informasi tersebut kedalam bentuk laporan, dan mengkomunikasikannya kepada para pengambil keputusan

Jadi, akuntansi itu merupakan suatu proses yang dimulai dari transaksi, pencatatan, pengikhtisaran, dan laporan akuntansi. Dengan demikian informasi yang dihasilkan berguna dalam penilaian dan pengambilan keputusan mengenai perusahaan yang bersangkutan.

Berdasarkan uraian sistem, informasi, dan akuntansi diatas maka dapat diketahui lebih jelas tentang SIA. Bodnar dan Hopwood (2001:1) mengemukakan bahwa sistem informasi akuntansi adalah kumpulan sumber daya, seperti manusia dan peralatan yang diatur untuk mengubah data menjadi informasi, informasi ini dikomunikasikan kepada bagian beragam pengambil keputusan.

Sedangkan Baridwan (2004:4) menyatakan bahwa sistem informasi akuntansi adalah suatu koponen yang mengumpulkan, menggolongkan, mengolah, menganalisa dan mengkombinasikan informasi keuangan yang relevan untuk pengambilan keputusan pihak-pihak luar (seperti kantor pajak, investor, dan kreditor) pihak-pihak dalam (terutama manajemen).

Anda bingung membuat laporan keuangan dan menghitung pajak bulanan atau tahunan ?? Tidak sempat mengurusnya ?? Jangan gelisah karena kami Akuntan Nelson Group akan membantu mengurus semua laporan pajak dan laporan akuntansi usaha / bisnis anda baik badan maupun pribadi.

Konsultasi pajak dan akuntansi Nelson Group Akuntan diantaranya :
- PPh 21 pribadi
- PPh 23 jasa
- PPh 4 (2) final
- PPh 29 badan
- PPN
- PHR
- PBB
- Pelaporan keuangan akuntansi bulanan / tahunan
- Audit independen internal (tahunan/ semesteran) untuk menilai kinerja atau RUPS tahunan
- Audit investigasi CASE CRIME untuk keperluan penyidikan kepolisian atau pengadilan (pidana / perdata/tipikor/pailit)

Untuk informasi dan konsultasi, silakan hubungi Hotline services
Nelson Group Accounting-Auditing-taxation
0818-0828-9010 / PIN BB 29ef29ac (Bapak Nelson SE, AK)
Senin - Sabtu jam 08-19

Head Office : Jalan Mahendradara 107 padang sambian denpasar bali (Depan quest hotel dan sebelah Indolinen)

Area Perwakilan :
^Jalan gejayan (Affandi) Yogyakarta
^Jelambar Jakarta Barat

BERPENGALAMAN SEJAK TAHUN 2006 DAN MENGUTAMAKAN KOMITMEN KLIEN

Lainnya


PERHATIAN !!
Seluruh konten dalam situs ini merupakan kontribusi para pemasang. Pengunjung diharap lebih berhati-hati terhadap setiap informasi menyesatkan dan mengandung unsur penipuan. Pengelola tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang mungkin terjadi.