» »

Akuntan terpercaya sektor dana desa di BALI-Kupang-Mataram

| by
Akuntan terpercaya sektor dana desa di BALI-Kupang-Mataram

Tata kelola keuangan desa terkait mulai dari perencanaan hingga penganggaran, ketersediaan regulasi dan kualitas sumber daya manusia. Tulisan Darwanto berjudul "Mengukur Akuntabilitas Keuangan Desa" menegaskan tiga prinsip pengelolaan keuangan desa yang tak dapat dipisahkan: transparansi-partisipasi-dan akuntabilitas. Akuntabilitas bisa dilihat secara administratif dan substantif. Administratif menunjukkan sistem pengelolaan keuangan desa sesuai dengan prosedur yang ada. Sementara, substantif menegaskan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, dan realisasi.

Akuntabilitas dapat terwujud apabila didukung oleh dua unsur, transparansi dan partisipasi. "Dari Desa Wujudkan Indonesia Bersih", menujukkan pentingnya partisipasi masyarakat. Peran aktif masyarakat dalam pengawasan menjawab keraguan desa dalam mengelola keuangan. Hal tersebut menegaskan, sebagai subjek pembangunan dan berdaulat, desa mampu mewujudkan tata kelola keuangan yang berorientasi kepada kesejahteraan.

Pentingnya pengawasan dan partisipasi masyarakat mutlak dilakukan, selain kemampuan tata kelola. Tidak sedikit desa ataupun supradesa yang ketakutan untuk mengelola dana desa yang bersumber dari APBN. Padahal, sebagai wujud dari asas subsidiaritas, dana desa merupakan hak desa yang harus dikelola untuk mewujudkan kesejahteraan warganya.

Tak lupa, kabar inovasi dari desa yang bisa menjadi pembelajaran bagi para pembaca. Desa-desa mulai bergerak untuk memahami pengelolaan keuangan desa yang transparan, akuntabel, partisipatif dan disiplin anggaran. Sehingga, optimisme untuk mewujudkan desa yang berdaya, mandiri dan berdaulat terus menggelora

Akuntan Nelson Group sebagai pusat akuntansi-auditing-taxation berpusat di BALI, akan membantu para pengusaha, koperasi dan pemerintah desa yang kesulitan dalam pelaporan keuangan dana desa dan perpajakan. Berpengalaman sejak tahun 2006 menghandle perusahaan multinasional di Jakarta dan BALI.

Untuk konsultasi dan appointment, silakan hubungi atau datang langsung :
Akuntan Nelson Group
0818-0828-9010
Lobi KOI Residence
Jalan Mahendradata 107 denpasar BALI
Senin-Sabtu jam 09-19
Bapak Nelson SE, Ak

AKUNTAN INDEPENDEN DI BALI TERPERCAYA-LUGAS-HANDAL

Lainnya


PERHATIAN !!
Seluruh konten dalam situs ini merupakan kontribusi para pemasang. Pengunjung diharap lebih berhati-hati terhadap setiap informasi menyesatkan dan mengandung unsur penipuan. Pengelola tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang mungkin terjadi.