Home » Iklan » Jasa

Akuntan keuangan independen untuk UKM dan perusahaan di BALI

Akuntan keuangan independen untuk UKM dan perusahaan di BALI

Penarikan pajak atas Usaha Kecil dan Menengah (UKM) masih menjadi perdebatan, dengan alasan bahwa pajak akan memberatkan kondisi keuangan pelaku UKM. Jika diteliti lebih jauh, sekurangnya ada lima problem UKM.

Pertama, pelaku UKM umumnya terkendala akses pemasaran produk dan menjaga standarisasi produk. Kedua, UKM belum sepenuhnya faham dalam menghitung keuntungan dan omset usaha, sebagai dasar pembayaran pajak.

Ketiga, banyak pelaku UKM masih belum mengerti kewajiban dan tatacara pembayaran pajak. Hal ini mungkin diakibatkan keterbatasan jumlah SDM dibandingkan jumlah wajib pajak yang harus dilayani. Keempat, bagi UKM yang telah mengerti pajak, justru enggan membayar pajak dengan alasan keberatan atas tarif pajak. Problem kelima, banyak pelaku UKM terkendala dalam membayar pajak di membayar di bank karena terbatasi oleh jam waktu pelayanan bank dan jarak aksesbilitas ke bank.

Secara garis besar, solusi permasalahan akses pemasaran produk, dapat dikerjasamakan dengan pembina Koperasi dan UKM yaitu dengan Kementerian Koperasi dan UKM, maupun BUMN melalui Program Kemitraan Bina Lingkungan. Problem kedua, dimana UKM kesulitan untuk menghitung omset dan profit bisa diselesaikan dengan penyuluhan intensif tatacara pembukuan dan pencatatan usaha. Solusi ketiga, dengan penyuluhan jenis-jenis pajak yang harus dibayar oleh UKM diharapkan dapat memberikan pengertian UKM tentang hak dan kewajiban perpajakannya. Atas keberatan UKM membayar pajak,

Pemerintah telah membuat klasifikasi tarif dengan batasan omset Rp.4,8 milyar setahun mendapat pengurangan sebesar 50 persen dari Pajak Penghasilan yang harus dibayar. Masalah kelima telah coba diatasi oleh Ditjen Pajak dengan aplikasi E-Billing dimana wajib pajak dapat membayar pajak, melalui teller di bank, kantor pos atau melalui Anjungan Tunai Mandiri menggunakan kode billing.

AKuntan Nelson Group sebagai pusat akuntan-auditing-taxation bagi pengusaha UKM atau manajemen perusahaan di BALI, akan senantiasa membantu dalam pembukuan akuntansi dan pelaporan keuangan (Bulanan / tahunan) baik badan maupun pribadi (PT-CV-UD)

Untuk Informasi dan konsultasi, silakan hubungi atau datang langsung :
AKuntan Nelson group
0818-0828-9010
LOBI COZY STAY HOTEL
Jalan Gunung Soputan 88 denpasar BALI
Senin-Jumat jam 09-19
Bapak Nelson SE, CA

Lainnya


PERHATIAN !!
Seluruh konten dalam situs ini merupakan kontribusi para pemasang. Pengunjung diharap lebih berhati-hati terhadap setiap informasi menyesatkan dan mengandung unsur penipuan. Pengelola tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang mungkin terjadi.