Home » Iklan » Jasa

Akuntan keuangan dan auditor independen untuk sektor yayasan / nirlaba di BALI

Dari sisi keuangan,pengaturan yang sangat minimal pun terjadi. Meskipun sudah diketahui bahwa ciri khas operasional dan karakteristik keuangan lembaga non-profit relative berbeda dengan lembaga yang bermotif profit, tetapi baru pada tahun 1997 Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) mengeluarkan panduan untuk lembaga non-profit. Panduan ini disebut sebagai Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Nomor 45 tentang pelaporan keuangan organisasi non-profit (non-profit).

Diberikan waktu beberapa tahun agar PSAK ini menjadi wajib. Namun pada praktiknya meskipun sudah diwajibkan sejak tahun 2000, PSAK belum dipahami dan diimplementasikan secara penuh karena kendala pemahaman teknis. Di samping itu, tidak tersedia insentif dan disinsentif bagi lembaga yang sudah dan belum menerapkannya.

Dari aspek perpajakan, pengaturan untuk lembaga non-profit di Indonesia sangat sederhana dan cenderung mengabaikan fakta bahwa organisasi non-profit memiliki banyak perbedaan dengan organisasi komersial. Bahkan masih ada anggapan dari kalangan lembaga non-profit bahwa karena mereka bukan mencari laba, maka otomatis bebas pajak atau tidak perlu membayar pajak. Anggapan ini setengah benar setengah salah. Intinya pemahaman tentang peraturan pajak yang terkait dengan lembaga non-profit ternyata masih sangat minimal dan cenderung salah kaprah

Akuntan Nelson Group merupakan pusat solusi akuntansi keuangan-auditing independen-taxation yang berpusat di Denpasar BALI, akan senantiasa membantu para pengusaha UKM / Yayasan sosial / Organisasi Nirlaba yang kesulitan dalam pembuatan laporan keuangan (laporan pertanggung jawaban), atau mencari auditor independen yang kompeten beregister.

Untuk informasi dan konsultasi silakan hubungi atau datang langsung :
Akuntan Nelson Group
0818-0828-9010
LOBI COZY STAY APARTMENT
Jalan Gunung Soputan 88 denpasar BALI
Senin-Jumat jam 09-19
Bapak Nelson SE, CA

Lainnya


PERHATIAN !!
Seluruh konten dalam situs ini merupakan kontribusi para pemasang. Pengunjung diharap lebih berhati-hati terhadap setiap informasi menyesatkan dan mengandung unsur penipuan. Pengelola tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang mungkin terjadi.