Auditor dan akuntan publik sektor dana desa di BALI

» »

Auditor dan akuntan publik sektor dana desa di BALI

Auditor dan akuntan publik sektor dana desa di BALI

Dalam penyusunan laporan keuangan desa berpedoman pada standar akuntansi yang berlaku. Minimnya pengetahuan akuntansi aparat desa akan menyulitkan penyusuan pelaporan keuangan desa. Selama ini pencatatan keuangan desa memakai sistem single entry, sedangkan akuntansi modern mengenal sistem yang namanya double entry atau debit dan kredit.

Untuk mempercepat implementasi pelaporan keuangan desa bisa dengan mengirim para sarjana akuntansi masuk desa atau menggandeng Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) sebagai mentor. Yang menjadi pertanyaan para sarjana akuntansi masih banyak yang belum paham dengan standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) apalagi aparat desa yang tidak pernah bersentuhan dengan akuntansi.

Sebagai contoh, sampai kini pemerintah propinsi dan kabupaten saja masih kesulitan untuk migrasi dari sistem pencatatan berbasis kas (cash basis) ke sistem akrual (accrual basis). Padahal tidak kurang para pegawai pemda tersebut adalah sarjana akuntansi dengan IPK yang tinggi.

Dengan disahkannya UU Desa, aparat desa diwajibkan untuk paham tentang akuntansi supaya bisa membuat pembukuan yang baik. Kesalahan pencatatan bisa menjadi pintu masuk BPK untuk menduga terjadi penyelewengan.

Dengan jumlah kurang lebih 78.000 desa di Indonesia terbayang betapa beratnya tugas pemerintah untuk memberlakukan standar pelaporan yang berbasis double entry. Sebagian besar SDM di desa tidak memahami alur akuntansi yang standar. Melibatkan tim dari IAI sangat bagus namun menjadi masalah jika kemudian hari IAI menjadikan sebagai proyek besar untuk meraih pundi-pundi rupiah.

Tidak perlu banyak pelatihan, simposium atau seminar yang menghabiskan banyak duit. Cukup langsung melakukan training on job kepada bendaharawan dan kepala desa masing-masing dengan mengefisienkan biaya.

Akuntan Nelson Group sebagai pusat solusi akuntansi dan pajak di BALI yang telah berpengalaman sejak tahun 2006 dan sudah banyak membantu merapikan pembukuan & pajak klien Jakarta – Bali. Kini siap membantu para pemerintah daerah / desa yang sedang mencari akuntan / auditor independen.

Pelayanan ungggulan kami diantaranya :
^ Pembuatan laporan keuangan bulanan / tahunan
^ Pelaporan perpajakan badan / pribadi (E-SPT, E-Billing, E-Faktur)
^ Merapikan sanksi pajak / teguran dari kantor pajak
^ Audit Forensik CRIME untuk tujuan kepolisian / pengadilan (Pidana-perdata-tipikor-pailit)
^ Audit Independen internal untuk evaluasi kinerja keuangan tahunan / proposal pinjaman

Untuk konsultasi dan informasi, silakan datang langsung / hubungi :
AKuntan Nelson Group
0818 – 0828 – 9010
LOBI KOI RESIDENCE
Jalan Mahendradata 107 denpasar BALI
Senin-Sabtu jam 09-19
Bapak Nelson SE, AK

Inilah Cara Mudah Mengubah Pembayaran Tagihan Menjadi Keuntungan Berlipat

Tahukah Anda bahwa pembayaran tagihan bulanan keluarga bisa diubah menjadi penghasilan tambahan baru? Ya, kami tahu mungkin ini terdengar aneh bagi Anda, tapi jika Anda penasaran, ijinkan kami menjelaskan lebih lanjut. Setiap bulan Anda pasti mengeluarkan biaya rutin untuk membayar berbagai keperluan rumah tangga seperti listrik, air, telepon, pulsa, angsuran kendaraan, asuransi, bahkan pesan tiket…

Iklan Lainnya


PERHATIAN !!
Seluruh konten yang terdapat dalam situs ini merupakan kontribusi dari para pemasang iklan. Pengunjung diharap lebih berhati-hati terhadap setiap informasi yang menyesatkan dan mengandung unsur penipuan. Pengelola situs ini tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang mungkin terjadi.